Selasa, 27 Desember 2011

MENGKONEKSIKAN JARINGAN ANTAR SWICTH DI PAKET TRACER

Pada tulisan ini saya akan membahas tentang TRUNK. Simulasi jaringan yang akan di bahas kali ini adalah dengan menggunakan 2 switch dan setiap switch mempunyai ke 4 PC yang terhubung. TRUNK berguna untuk menghubungkan Switch dengan Switch sehingga komputer yang berada pada Switch1 bisa terhubung dengan komputer yang berada pada Switch lainnya (Catatan : berada pada VLAN yang sama). Langkah – langkahnya yaitu:







Setelah koneksi antar switch berhasil diatur, test koneksi komputer dengan VLAN yang sama. Klik PC yang diinginkan kemudian pilih Desktop >> Command  Prompt maka akan muncul seperti gambar di bawah.

setelah ini akn masuk seperti di bwah ini..




Dan gambar di bawah ini adalah cara mengsetting ip addres dan gatway di SERVER dengan alamat ip dan gatway yang sudah di jelaskan di atas:


 Lakukan pada VLAN yang berbeda tapi sama di switch pertama, dengan di ping pada Yanuar2 vlan1 dengan mengkoneksikan ke Yanuar3 vlan2 dengan cara di Command Prompt, ketikkan ping 192.168.1.10... sampai seterus nya kemudian tampak muncul hasil tampilan berikut ini.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management